Minggu, 29 November 2015

Festival Burung Pantai 2015 #Latepost




            Festival burung pantai merupakan salah satu acara rutin tahunan KPB Bionic FMIPA UNY. Festival ini diselenggarakan pada Jumat-Minggu, 16-18 Oktober 2015 dan diikuti oleh Kepak Sayap UNS, Biolaska UIN Suka, Mapala Silvagama, Kaysan (peserta termuda yang sudah lumayan sering ikut pengamatan burung), Banyumas Wildlife, dll.    Festival burung pantai ini terfokus pada burung yang sedang bermigrasi.
            Rangkaian acara dimulai pada hari Jumat dengan Pelatihan Burung Pantai oleh Mas Wahab dilanjutkan perjalanan menuju tempat menginap di salah satu rumah warga di daerah Pantai Trisik.  Karena biasanya pengamatan berangkat pada pagi hari, dan kali ini saya juga mengira berangkat menuju daerah pengamatan pada keesokan harinya, saya tidak membawa baju ganti dan perlengkapan lainnya. Namun ternyata untuk pengamatan kali ini berangkat pada sore hari. Teman saya, Ratih, juga sepemikiran dengan saya, dan akhirnya kami pun memutuskan untuk menyusul pada Sabtu pagi.
            Sedikit banyak tahu mengenai daerah Pantai Trisik karena dulu lumayan sering diajak ke Pantai Trisik, membuat saya agak PeDe untuk mencari tempat menginap teman-teman yang lain, selain sudah diberi ancer-ancer oleh Aghnan. “Kalo ada tulisan TUTOP belok kiri, ngikutin jalan jelek, belok kiri, rumahnya rumah warna pink.”Saya dan Ratih janjian ketemu di jembatan Srandakan pukul 6.30 WIB. Kami kemudian berangkat menuju arah Pantai Trisik. Sudah mendekati tempat yang dituju, terdengar suara yang memanggil kami. Dan itu adalah Yono, dan kawan-kawan yang sedang menunggu sarapan. Kami datang disaat yang tepat, saat sarapan. Yeayy.
            Setelah sarapan selesai, kami mulai berbaris dan berhitung untuk membagi kelompok pengamatan. Saya, desi, mbak Ratih, mbak Tria dipandu mas EP sama mbak Arel menjadi satu kelompok saat pengamatan pagi itu. Pengamatan dilakukan di area persawahan. Pengamatan juga dilakukan pada Sabtu sore di muara Sungai Progo dan Minggu pagi di muara Sungai Progo yang dilanjutkan ke laguna Pantai Trisik (baru tahu kalo Pantai Trisik ada lagunanya).
 
Pengamatan Sabtu Sore


 Pengamatan Minggu Pagi di muara Sungai Progo

Beberapa burung yang teramati yaitu Terik Australi (Stiltia isabella), Cerek Jawa (Charadrius javanicus), Trinil Semak (Tringa glareola), Kuntul Kerbau (Bubulcus ibis), Kuntul Kecil (Egretta garzetta), Blekok Sawah (Ardeola speciosa), Cerek Kernyut (Pluvialis fulva), Trinil Pantai (Tringa hypoleucos), Cangak Abu (Ardea cinerea), Dara Laut (Sterna hirundo), Cerek Kalung Kecil (Charadrius dubius), Gemak Loreng (Turnix suscitator), Trinil Kaki Hijau (Tringa nebularia), dan Cerek Pasir Mongolia (Charadrius mongolus). Kesulitan yang dihadapi yaitu dalam membedakan spesies burung pantai yang satu dengan yang lain karena berbeda ‘coretan’ sudah beda spesies. 

Kuntul Kecil (Egretta garzetta)




“Menikmati Sunset” sisi lain saat pengamatan burung
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Blogger templates